Senin, September 07, 2009

Membuat Web Directory dengan Drupal

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Web directory atau link direktori atau sering disebut sebagai direcctory saja merupakan suatu web yang berisi daftar alamat web (url) dengan suatu kategori. Kategori pada umumnya didasarkan pada tujuan dari web tersebut untuk apa.

Salah satu tujuan dari direktori selain mempermudah pencarian berdasarkan kategori web juga sering digunakan untuk meningkatkan rangking dalam pencarian mesin pencari. Jika web bisa dimasukan dalam direktori yang lebih tinggi secara tidak langsung akan meningkatkan rangking dari web tersebut. Sebagain besar direktori mengunakan istilah "human" edited direktori dimana link yang dimasukan oleh pemilik akan direview secara manual oleh admin dari web direktori. Salah satu web direktori seperti ini yang cukup ternama yakni DMOZ. Situs web directory yang banyak beredar di Internet cukup banyak yang menggunakan "CMS" yakni PHPLD atau membuat secara custom. Setelah melihat dan memperhatikan :D, saya mencoba membuat web direktori menggunakan Drupal pada situs ini, sebuah situs direktori untuk direktori. Membangun direktori tersebut ternyata tidaklah terlalu sulit, modul utama yang dibutuhkan adalah weblinks dan CCK, atau sebenarnya ada modul khusus directory. Akhirnya kini http://lsdir.org sudah live :D. Ada yang tertarik untuk bikin ?

Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

3 komentar:

Direktori Penerjemah Indonesia mengatakan...

Terima kasih sharing bagusnya mas. Pengen banget buat direktori dengan drupal, cuma agak bingung jg caranya.
Salam kenal.

free4game mengatakan...

hemmm... agak gak mudeng kerjanya gan, tapi liat webdirectory tentang game jadi pengen bikin ....... apalagi trafiknya bagus, oh yah maaf sebelumnya, salam kenal dan terima kasih

Hendra Stvv mengatakan...

terima kasih
ST3 Telkom