Minggu, Mei 31, 2020

Upgrade Texlive di Sarah (1)

Wow sudah 9 tahun tidak nulis di blog ini.

Sekarang sudah ngak make Debian lagi karena alasan usia yang tidak lagi mudah hehehehe. Namun demikian tetap turunan dari Debian yang saya pake.  Saat ini distro yang saya gunakan adalah :

RELEASE=18
CODENAME=sarah
EDITION="Cinnamon 64-bit"
DESCRIPTION="Linux Mint 18 Sarah"


Alasan berganti distro dari Debian ke LinuxMint lebih kepraktisan saja. Saat ini sudah jarang sekali menggunakan terminal, sudah tidak diberi tanggung jawab untuk mengelola server :D.


Penggunaan Linuxnya juga secara umum masih sama yakni hanya buat nulis saja make LaTeX dan sekarang kadang-kadang make Openshoot buat edit video.

Laptop yang dipakai juga tidak terlalu update bahkan baterenya dah mati dan untuk menghidupkannya harus terus terhubung ke colokan listrik :D.




Sekarang saat make LaTeX seringkali menemukan masalah dan kemudian mencari solusinya via googling. Terkadang problemnya sama namun lupa kembali bagaimana me resolve problem tersebut. Beberapa solusi sering saya tambahkan via komentar di file sumber namun terkadang lupa naruh file sumbernya dimana saat problem yang sama muncul.




Faktor "U" sepertinya memiliki andil besar disini hehehe disamping sudah tidak terlalu sering menggunakan LaTeX untuk hal-hal yang rumit. Nah sekalian kompile LaTeX juga melakukan upgrade TexLive agar lebih fresh paketnya

$ tex --version
TeX 3.14159265 (TeX Live 2015/Debian)
kpathsea version 6.2.1
Copyright 2015 D.E. Knuth.


Hehehe yup TeX nya versi tahun 2015, next, perintah konsole rutin :

$ sudo apt-get update
 dan
 $ sudo apt-get dist-upgrade

Namun ternyata paket bawaan TeX Live dari Debian yang terbaru dari repo adalah juga versi lama tersebut. Untuk meresolve hal ini penyelesaiannya umum yakni tinggal cari repository yang menyediakan paketan dengan versi terbaru.


sudo add-apt-repository ppa:jonathonf/texlive
sudo apt-get update

Hurray sekarang TexLivenya dapet versi yang lebih baru

$ tex --version
TeX 3.14159265 (TeX Live 2019/dev/Debian)
kpathsea version 6.3.1/dev
Copyright 2018 D.E. Knuth.

Sekalian si Sarah diupgrade menjadi Sylvia dulu sebelum ke Mint 19.

$ cat /etc/linuxmint/info
RELEASE=18.3
CODENAME=sylvia
EDITION="Cinnamon 64-bit"
DESCRIPTION="Linux Mint 18.3 Sylvia"





Tidak ada komentar: