Upgrade OJS 3.3.0-X

Assalamu'alaikum wr. wb.

Upgrade Content Management System (CMS) seperti Wordpress, Drupal atau sejenisnya terkadang menjadi persoalan tersendiri. Kemalasan "tukang install"untuk selalu mengikuti update terbaru dari CMS yang digunakan merupakan salah satu penyebabnya, apalagi jika web yang dikelola sangat banyak. Dan hal tersebut sering kali berujung pada banyak masalah yang bisa menimpa pada web yang menggunakan CMS tersebut. Mulai dari hal yang sederhana seperti adanya spam sampai persoalan serius semisal webnya diubah-ubah karena ada celah keamanan yang ditemukan pada CMS yang belum ter-upgrade.

Keenganan lain untuk melakukan update pada CMS juga bisa karena "keribetan" dalam prosesnya, terutama saat sudah memiliki data yang besar. Proses yang terkadang memakan banyak waktu menjadikan malas untuk menjalaninya. Hal ini semakin menjadi saat sebuah CMS terlalu "rajin" dalam membuat update versinya. Upgrade CMS atau sejenisnya sendiri bisa berbeda-beda, ada yang sudah secara otomatis dilakukan sendiri oleh sistemnya dan ada pula yang harus dengan bantuan dari pengelola CMS tersebut.

Langkah-langkah dalam upgrade CMS umumnya sudah ada panduan yang langsung bisa diikuti dengan mudah. Namun terkadang jika sudah lama tidak melakukan tentu akan menjadi persoalan tersendiri, apalagi jika kurang menguasai beberapa kemampuan teknis dalam pengelolaan web. Secara umum langkah untuk melakukan upgrade CMS adalah :
  1. Download versi terbaru dan ekstrak di server
  2. Backup data versi yang lama (baik file dan databasenya)
  3. Sesuaikan konfigurasi
  4. Lakukan upgrade
  5. Selessai
Tulisan kali ini merupakan catatan saat melakukan upgrade Open Journal System (OJS) yang terinstall di jurnal Jnanaloka dari versi 3.3.0-5 ke 3.3.0-6. 

Langkah pertama untuk melakukan download versi terbaru saya lakukan dengan cara login ke server hosting jurnal dengan menggunakan perintah wget dan kemudian mengekstraknya di direktori tempat OJS tersebut terinstall (umumnya di folder public_html). 

-bash-4.2$ wget https://pkp.sfu.ca/ojs/download/ojs-3.3.0-6.tar.gz
-bash-4.2$ tar -zxvf ojs-3.3.0-6.tar.gz

Setelah terinstall maka akan direktori OJS versi terbaru akan berada dalam satu folder denga versi-versi sebelumnya yang belum dihapus.


Jurnal Jnanaloka menggunakan layanan hosting sehingga untuk melakukan backup sebagai langkah berikutnya dalam proses upgrade OJS cukup dilakuan dengan menggunakan control panel yang disediakan. Langkah ini mungkin bisa berbeda-beda sesuai dengan layanan hosting yang digunakan.


Langkah berikutnya adalah menyesuaikan konfigurasi dari OJS versi baru dengan menggunakan parameter dari OJS versi sebelumnya. Dalam langkah ini pertama kali adalah melakukan pengkopian file konfigurasi dari versi lama ke versi baru.

-bash-4.2$ mv config.inc.php config.inc.php.ori

-bash-4.2$ cp ../jurnal/config.inc.php 


Berikutnya kopi semua data yang digunakan untuk kustomisasi OJS sebelumnya, seperti file-file yang berkaitan dengan tema untuk tampilan. 


-bash-4.2$ cp -R  ../plugins/themes/oldGregg/ plugins/themes/


Edit konfigurasi di config.inc.php pada bagian [general] ubah installed = On menjadi installed = Off




Sesuaikan direktori yang menggunakan symlink (jika menggunakan). Pada OJS di Jnanaloka menggunakan symlink jurnal yang menunjuk pada versi OJS nya dan public yang menunjuk pada direktori public.


-bash-4.2$ rm jurnal

-bash-4.2$ ln -s ojs-3.3.0-6 jurnal

-bash-4.2$ rm -r public

-bash-4.2$ ln -s ../../public public


Langkah berikutnya adalah melakukan upgrade OJS nya, salah satunya bisa dilakjukan dengan memanggil perintah PHP melalui terminal.


Terakhir kembalikan kembali konfigurasi 
installed = Off menjadi installed = On.
Selesai, kini OJS telah menggunakan versi terbaru.


Semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum wr wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Situs PPC terbaik (updated)

Blogumus, animasi flash untuk tag cloud

Peringkat Situs Perguruan Tinggi Indonesia Webometrics Juli 2009