Minggu, Juni 22, 2008

Perbandingan File System

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sebuah penelitian Jadul lagi :D, penelitian mengenai perbandingan FS

Filesystem salah satu kegugunaananya adalah sebagai tempat penyimpanan data. Program yang dijalankan dalam sistem operasi paling tidak akan menggunakan sebuah file untuk dibaca atau ditulis. Terdapat berbagai macam jenis filesystem dan pada umumnya 'dibawa' oleh sistem operasi seperti MSDOS filesystem atau FAT16 merupakan filesystem yang digunakan oleh sistem operasi MSDOS, FAT32 merupakan filesystem yang digunakan oleh MS Windows9X, NTFS oleh MS Windows NT dan 2000 dan lain sebagainya. Sistem operasi Microsoft DOS dan Windows9X hanya dapat mengenali sebuah filesystem yaitu FAT(16/32) sedangkan Microsoft Windows NT dan 2000 dapat mengenali dua macam file system yakni NTFS dan FAT.Kecederungan penggunaan sistem operasi dari Microsoft membuat sebagian besar dari kita hanya mengenal dan menggunakan filesystem bawaan dari sistem operasi yakni FAT atau NTFS.

GNU/Linux merupakan salah satu sistem operasi yang dapat mengenali lebih dari satu macam filesystem.Perbandingan unjuk kerja filesystem akan menjadikan pengguna sistem operasi mendapatkan informasi yang berguna untuk memilih filesystem yang tepat untuk digunakan. Penggunaan filesystem yang tepat akan dapat meningkatkan unjuk kerja sistem secara keseluruhan. Pengujian unjuk kerja dapat dilakukan dengan menggunakan program umum dan program benchmarking.

Penelitian  dilakukan dengan metode ujicoba langsung dan studi literatur. Pengujian unjuk kerja filesystem dilakukan dengan dua cara yakni :
  1. Menggunakan program ''umum'' seperti touch untuk membuat file,  mkdir untuk membuat direktori,  cp untuk mengkopi dan rm untuk menghapus.
  2. Menggunakan program benchmark yakni Bonnie++
Penelitian ini saya lukakan pada waktu itu pake komputer jadul Processor AMD Athlon(tm) XP 2500+ cache size      : 512 KB, RAM 256 Mbyte, Hardisk Seagate ST340014A, 78165360 sectors (40021 MB) w/2048KiB Cache, CHS=4865/255/63, UDMA(100) dan Sistem Operasi GNU/Linux Distribusi Slackware 9.1 Kernel 2.6.7.

Script untuk melakukan penelitian ini bisa di donlot disini

Hasilnya :
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa filesystem dengan tipe journalling memiliki kecenderungan yang sama dalam berberapa perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan juga bahwa filesystem EXT3 dalam beberapa test masih lebih buruk dari EXT2.  Jika masalah recovery diabaikan maka EXT2 masih dapat diandalkan sebagai filesystem.
ReiserFS menunjukkan hasil terbaik saat melakukan penulisan banyak file, sehingga filesystem ini menjadi pilihan sebagai untuk digunakan pada program yang membutuhkan banyak penulisan file seperti proxy server dan mail server.
Hasil    penelitian juga memperlihatkan bahwa VFAT merupakan Filesystem yang paling buruk. Dalam pengelolaan penggunaan CPU, JFS merupakan filesystem yang dapat mengelola penggunaan CPU dengan baik.

Tertarik lebih lanjut selahkan kontak saya :D

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar: