Minggu, Juli 13, 2008

Enkripsi SMS dan Telepon

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Kita tentu masih ingat "percakapan" berikut antara anggota dewan yang terhormat dengan seorang sekda
Al Amin Nasution (AAN): Di mana, bos?
Azirwan (A): Di Ritz Carlton.
AAN: Namanya?
A: Mystere, tempatnya turun lift satu.
AAN: Jam berapa?
A: Jam 10-lah (22.00 WIB). Bos mau dicariin satu gitu. Tapi aku tak janji. Kalau diupayakan nanti, selera bos payah pula.
AAN: Ya, carikanlah.
Atau mungkin yang agak lama, percakapan via telepon yang berhasil disadap oleh KPK

Artalyta (A): Halo
Kemas (K): Halo
A: Yah, siap.
K, sambil tertawa: Sudah dengar pernyataan saya kan?
A: Good, very good.
K: Jadi, tugas saya sudah selesai kan?
A: Siap, tinggal....
K: Sudah jelas kan, itu gamblang. Sekarang tidak ada permasalahan lagi.
A: Bagus itu.
Transkrip hasil penyadapan KPK terhadap Jaksa ang harusnya jadi pengak hukum dengan seorang broker kasus-kasus besar. Dari sisi teknologi percakapan via GSM atau SMS sebenarnya bisa diamankan dengan metode enkripsi. Produk enkripsi banyak beredar di Internet baik yang berbayar seperti kryptext, kryptosms danlain sebagainya
atau yang tidak berbayar seperti kryptosms pada umumnya perangkat HP yang di support adalah yang bisa menjalankan aplikasi Java atau HP yang telah memiliki sistem operasi. Aplikasi akan di install di kedua sisi baik penerima maupun pengirim sms. Jika memiliki HP yang tidak support baik Java maupunbelum ber OS seperti symbian masih memungkinkan untuk melakukan enkripsi sms namun harus mengkoneksikan dengan komputer dengan membuat program sms gateway dan melakukan enkripsi di komputer sebelum dikirimkan. Program enkripsi yang bisa digunakan misalnya aespipe.

Bagaimana dengan percakapan mungkinkah di enkripsi juga ? Yup secara prinsip tidak ada perbedaannya sama sekali. Banyak program berbayar yang bisa di beli untuk meng"aman"kan jalur telepon seperti yang ditawarkan goldlock dengan HP yang dengan OS Symbian, dan masih banyak lagi program yang ada di Internet.

Hmmm ada yang jadi broker ke DPR, Jaksa Agung untuk ini ngak yah, hehhehee kalo anggota DRP pake software-software ini kan akan memuluskan "negoisiasi" atau transaksi mereka sehingga tidak disadap KPK. Ayo iklan di koran terima install software anti sadap :D, sukur-sukur programmnya bajakan dan atau hasil crack sehingga tambah mantab :D

Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

1 komentar:

naufal rasendriya mengatakan...

itumaksudnya apa?