Awal Ramadhan 1429H

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah kita bertemu kembali dengan bulan ramadhan. Seperti tahun yang lalu penentuan awal bulan ramadhan menjadi suatu polemik, kapan tanggal 1 ramadhan dimulai  ? Muhammadiyah seperti tahun yang lalu telah mendahuli mengumunkan tanggal 1 ramadhan jatuh pada tanggal 1 September 2008, sesuai dengan maklumat PP muhammadiyah dengan   Nomor : 04/MLM/I.0/E/2008

Seperti tahun yang lalu coba mengikuti apa yang saya "matebi", sesuai dengan keyakinan saya dalam Islam Insya Allah tidak akan ada pertentangan dengan ilmu pengetahuan.

Menurut moonwatch dan  rukyatulhilal memperkirakan pada tanggal 30 Agustus 2008 tidak ada satupun di belahan dunia ini dapat melihat bulan
 
Dan baru pada tanggal 31 Agustus 2008 ada bagain di dunia ini yang akan melihat bulan
  
Jadi menurut perkiraan di atas maka tanggal 31 Agustus hilal sudah terlihat, jadi Insya Allah tanggal 1 September adalah awal puasa. Hal ini diperkuat dengan hilal bulan sebelumnya (syahban) terlihat di beberapa daerah di dunia.

 
 Titik-titik merah merupakan daerah yang melaporkan melihat bulan. Jadi jika awal bulan syahban adalah tanggal 2 Agustus.
Pemerintah kapan yah   ? mana yang benar    ?
Wallahu 'alamu bish-shawab. 
Wassalamu'alikum Wr. Wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Web Directory dengan Drupal

Membandingkan Kecepatan Web PT di Yogyakarta

Migrasi data bocor dari CSV ke PostgreSQL