Sabtu, November 01, 2008

Microsoft dan Google sepakat mendukung OpenID (updated)

Assalamu'alikum Wr.Wb

Dua raksasa sepakat untuk mendukung penggunaan OpenID. Microsoft mengumunkan di hari senin sedangkan google di hari rabu. OpenIDCompose merupakan salah satu karya opensource yang sangat berguna. Dengan OpenID memungkinkan kita untuk login ke banyak web hanya dengan identitas tunggal.

Kapan-kapan bahas mengenai ini yah hehehhe

Kenapa OpenID ? sebelum kesana ada sebuah pertanyaan yang jawabannya pasti banyak :D. Berapa banyak user/password di Internet ? pasti banyak dan psati ada yang lupa pula :D. Google, yahoo dan lain-lain telah menggunakan account tunggal untuk banyak fasilitas yang diberikan.

Nah dengan OpenId memungkinkan kita untuk login ke suatu web yang memiliki dukungan OpenID hanya dengan memberikan alamat URI saja yang kita perlukan hanya akun OpenID saja. Akun OpenID secara otomatis diberikan oleh banyak situs namun kita juga bisa mendaftar di provider seperti claimID, MyOpenID dll.

Sebagai contohnya misalkan saya ingin login ke http://artikelit.com dengan menggunakan OpenID, maka yang saya lakukan hanya memberikan alamat URI saya,

 
Setelah saya masukan URI nya dan saya klik login maka browser akan meminta konfirmasi kebenaran URI saya di OpenID provider. 
  
Yup kita dapat login ke artikelit.com. Setelah itu kita dapat login kapan pun hanya dengan menggunakan URI. Konfirmasi ke OpenID provider hanya dilakukan sekali dalam satus sesi. Kita tidka perlu lagi konfirmasi untuk login lagi hanya perlu masukan URI dan kita secara otomastis dapat login. So hati -hati jika menggunakan openID public computer seperti wnet, dll. OpenID juga rentan terhadapap phising  :(
 Ok semoga ada manfaat nya




Wassalamu'alimum Wr. Wb

4 komentar:

deanet mengatakan...

wakh .. kek gimna tu konsep na :D

bernadtagger mengatakan...

menarik sih Pak, cuma permasalahannya walo seperti yang bpk sampaikan bahwa sangat dianjurkan untuk pengguna pd pc pribadi tapi kan kalo kebobolan satu bahaya Pak. NAMANYA KENA SELOBANG KENA DAH LOBANG LAEN KARENA SATU LOBANG BUAT GANTIAN EH RAME2.. GIMANA PAK?

wa2nlinux mengatakan...

Yup ... banyak masalah laen juga seperti phising yang bisa jadi problem utama di OpenID, namun dengan hanya 1 ID akan lebih mudah untuk gonta ganti password biar aman sehingga mempersulit orang lain untuk menebak.

Rachmat Febrianto mengatakan...

good .... concept ...

ok dech ...