Senin, Desember 22, 2008

Multiple VGA Card Twin Head 1 PC di Debian

Assalamu'alaikum Wr.WB
Finally, setelah utak-utek selama 1 minggu walaupun tidak sesuai dengan keinginan berhasil juga melakukan konfigurasi xorg di debian di komputer dengan spesifikasi :

  1. MatherBoard K9A2 Platinum V2, 4XPCIe
  2. VGA Radeon HD3650
  3. Memori 2 GB
  4. Debian Lenny

Pada awalnya maunya dengan 9 monitor bisa dalam 1 PC dengan kemampuan mampu menjalankan video di setiap monitor dengan film yang berbeda-beda namun juga bisa menampilkan 1 layar penuh dengan satu film. Sebenarnya hal tersebut bisa diselesikan dengan Debian dengan menggunakan Xinerama (xrandr kayaknya lum bisa untuk multicard) jika 8 minitor saja, karena mencari Mobo dengan lebih dari 4 PCIe ngak dapet demikian juga dengan VGA yang memiliki 3 Head atau lebih. Akhirnya pake 2 kompie dengan sedikit "akal-akalan" hehehee.

Pada awal konfigurasi VGA ATI Radeon HD3650 mulus dideteksi dengan driver bawaan Linux "radeon" namun saat 8 VGA hidup dan menjalankan film bersama-sama filmnya patah-patah. Kemudian dengan bantuan pakde goolge bisa menggunakan driver bawaannya ATI namun (namun lagi :( ) kurang tahu kenapa hanya bisa 6 monitor alias 3 VGA, jika dipaksakan 8 VGA ngak keluar gambarnya. Setelah memaksa agar bisa 8 monitor 1 PC tetep ngak bisa juga,akhirnya nyerah dengan ambil opsi 1 PC 6 monitor + 1 PC 3 monitor. Xine + totem-xine digunakan sebagai player + SSH no password + bash script untuk mengkontrol jalannya video.

Oke foto, konfigurasi nyusul :D


Wassalamu'aalikum Wr. Wb

2 komentar:

aku fey mengatakan...

hmm....VGA Radeon HD3650 yak, dengan spesifikasi yang wah hehe : Video Memory 512MB DDR3 Engine Clock 725MHz
Memory Clock 800MHz x 2
Memory Interface 128bit
DirectX Support 10.1
Bus Standard PCIE 2.0,harga ketengan 1 vga aja dah Rp.1.264.000 apalagi apa lagi 8 vga :-o

mopheat mengatakan...

Wah keren tuh pak....
Di tunngu tuh.. screenshoot na
bikin videonya pak biar tahmbah wow.. :)