Senin, September 28, 2009

Memilih Web Direktori

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Tidak dapat dipungkiri bahwa web direktori masih mempunyai peran dalam peningkatan google page rank (PR) terutama dalam hasil halaman pencarian (SERP), sehingga memasukan web dalam suatu direktori masih diperlukan.

Namun diperlukan beberapa tips agar usaha memasukan dalam direktori bermanfaat, berikut beberapa tips yang dapat membantu :
1. Kualitas dari Web Direktori
Banyak dari web direktori yang hanya mengejar kuantitas bukan kualitas ini dapat dilihat dari layout, kelengkapan menu ( adanya tos, privacy policy, dll), kemudahan pemakaian (user friendly) dan lain sebagainya. Hal ini kelihatan sederhana namun mencerminkan bagaimana pemilik direktori mengelola web nya. Banyak direktori yang akhirnya hanya menjadi link farm yang tidak berguna, atau bahkan dimungkinkan hanya mengkoleksi alamat email kita untuk dijadikan korban spam.
2. Do Follow
Pastikan bahwa link yang terdapat dalam direktori tersebut do follow, akan sangat tidak bermanfaat jika ternyata link yang dimasukan ternyata bersifat no follow
3. Paid, Free atau Free with
Harus jeli dalam memilih layanan yang berbayar, gratis atau "gratis dengan". Sebisa mungkin menghindari free with reciprocal, kenapa gratis harus dengan syarat hehehe ( reciprocal link, ngak disukai juga sama google :D ).
4. Direktori dengan more info,dll
Klo bisa cari direktori yang mempunyai more info, rate this dll sehingga web yang dimasukan punya kesempatan memiliki lebih dari 1 halaman yang terindek oleh mesin pencari.
5. Page Rank dari direktori tersebut
Direktori yang memiliki page rank yang lebih baik dari web yang dimasukan akan sangat membantu dalam "mengkatrol" page rank web kita, walaupun bukan hal yang mutlak.

Beberapa direktori yang gratis ataupun berbayar dapat dilihat di link tersebut.

Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

3 komentar:

putra mengatakan...

Sip om, thanks infonya,,

adhiaryawan mengatakan...

thanks atas sharing ilmunya mas...

Hendra Stvv mengatakan...

makasih sudah mau berbagi
ST3 Telkom