Selasa, Juni 22, 2010

JawaTeX-Web, Transliterator huruf latin ke aksara Jawa

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa Jawa terutama di beberapa bagian Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Pantai utara terbentang dari pesisir utara Karawang, Subang, Indramayu, kota Cirebon dan kabupaten Cirebon, Yogyakarta, Jawa Tengah & Jawa Timur di Indonesia (wikipedia). Sedangkan penulisan bahasa Jawa digunakan aksara Jawa atau sering disebut Hanacaraka atau dikenal juga dengan nama carakan.

Namun saat ini penggunaan aksara jawa semakin sedikit. Permasalahan utama yang dihadapi dalam penggunaan akasara Jawa adalah kesulitan dalam penulisannya. Aturan penulisan aksara yang cukup kompleks menjadikan susah untuk dipelajari. Kedala yang lain adalah penulisan aksara Jawa dalam media komputer mengalami kesulitan, hal ini dikarenakan penulisan huruf Jawa tidak seperti huruf Latin yang hanya kesamping saja. Huruf Jawa selain ke semping juga ke atas, hal yang lain adalah memungkinkan terjadi perubahan bentuk huruf jika bertemu dengan bentuk huruf lain.

JawaTeX web yang beralamat di http://jawatex.org mencoba memberikan solusi untuk mempermudah transliterasi dari teks latin ke aksara Jawa. Web ini merupakan salah satu hasil penelitian mantan pacar :D hehehhe. Untuk mencoba web ini bisa dilakukan dengan membuat file teks latin dengan notepad atau wordpad kemudian disimpan dengan ekstensi .txt. Isi file tidak boleh mengandung simbol-simbol yang tidak biasa digunakan dalam bahasa Jawa, beberapa tanda baca bisa dimasukan seperti titik, koma dll. Setelah disimpan bisa diupload melalui link demo-->otomatis atau bisa di klik disini. Setelah di upload maka secara otomagic file teks latin tadi akan berubah jadi file pdf yang berisi aksara Jawa.


mau coba silahkan kunjugi jawatex.org

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar: